Ustadz Dr. Firanda Andirja, M.A.,  At-Tauhid

Keutamaan Tauhid

This entry is part 2 of 11 in the series Tauhid

Diterbitkan pada -- 11 Februari 2021 @ 17:28

┏📜 🍃━━━━━━━━┓
📣 ITTIBA Mengaji
┗━━━━━━━━📜 🍃┛

Keutamaan Tauhid
📖 Syarah Kitab At-Tauhid – Pertemuan Kedua
👤Ustadz Dr. Firanda Andirja Lc.M.A. حفظه الله تعالى
🗓️ 04 Jumadil Awwal 1442 H / 19 Desember 2020

•┈┈┈┈┈••❀•◎﷽◎•❀••┈┈┈┈┈•

الحمد لله على إحسانه، والشكر له على توفيقه وامتنانه، وأشهد أن لا إله إلا الله، وحده لا شريك له تعظيما لشأنه، وأشهد أن محمدا عبده ورسوله؛ الداعي لرضوانه، اللهم صلى عليه وعلى آله وأصحابه وإخوانه

🕋 Pembahasan Keutamaan Tauhid dengan meringkas 2 Bab dari Kitab At-Tauhid:

⏺️ Bab Kedua:

٢- باب فضل التوحيد وما يكفر من الذنوب

Bab yang kedua: Bab Keutamaan tauhid dan bagaimana Tauhid menggugurkan dosa-dosa.

⏺️ Bab Ketiga:

٣- باب من حقق التوحيد دخل الجنة بغير حساب

Bab yang ketiga: Bab Barangsiapa yang mewujudkan/memurnikan Tauhid, maka ia akan masuk surga tanpa adzab dan tanpa hisab

➡️ Dua bab ini seakan mengindikasikan Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab رحمه الله تعالى ingin menjelaskan keutamaan umum dan khusus dari Tauhid

🔶 Keutamaan Tauhid secara Umum

1️⃣ Tauhid menggugurkan dosa-dosa dijelaskan di Bab:

٢- باب فضل التوحيد وما يكفر من الذنوب

⏺️ Diantara dalilnya adalah Hadits Qudsi, bahwa Rasulullah ﷺ bersabda:

وللترمذي – وحسنه – عن أنس: سمعت رسول الله صلى الله عليه وسلم يقول: «قال الله تعالى: يا ابن آدم، لو أتيتني بقراب الأرض خطايا، ثم لقيتني لا تشرك بي شيئا: لأتيتك بقرابها مغفرة»

Dalam riwayat Tirmidzi dan beliau menghasankannya dari Anas bahwa beliau mendengar Rasulullah ﷺ bersabda, Allah Ta’âlâ berfirman : “Wahai anak Adam, seandainya engkau mendatangiKu dengan hampir sepenuh bumi kesalahan, lalu engkau bertemu denganKu tidak mempersekutukanKu dengan suatu apapun, niscaya Aku akan mendatangkan kepadamu sepenuh ampunan.”

⏺️ Dalil lainnya, Rasulullah ﷺ bersabda:

وعن أبي سعيد الخدري رضي الله عنه، عن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال: «قال موسى عليه السلام: يا رب علمني شيئا أذكرك وأدعوك به، قال: قل يا موسى لا إله إلا الله، قال: يا رب كل عبادك يقولون هذا. قال: يا موسى لو أن السماوات السبع وعامرهن غيري والأرضين السبع في كفة، ولا إله الله في كفة، مالت بهن لا إله إلا الله» . رواه ابن حبان والحاكم وصححه.

Dari Abu Sa’id al-Khudriy radhiyallahu anhu dari Rasulullah ﷺ, Beliau berkata: “Musa ‘alaihis Salâm berkata, “Wahai Rabb ajarkan aku sesuatu yang aku gunakan untuk berzikir dan berdoa kepadaMu dengannya”, Allah ﷻ berfirman: “Katakanlah wahai Musa Laa Ilaaha illallah!.” Musa menanggapi: “Wahai Rabb, semua hambaMu, mengatakan hal ini.” Lanjut Allah: “Wahai Musa seandainya langit yang tujuh dan semua isinya selain Diriku serta bumi yang tujuh dalam salah satu daun timbangan, sedangkan Laa Ilaaha illallah di daun timbangan lainnya, niscaya akan lebih berat Laa Ilaaha illallah.” (HR. Ibnu Hibban dan al-Hâkim lalu dishahihkannya).

➡️ Sebagian ulama melemahkan hadits ini, namun ada penguatnya yaitu Hadits Rasulullah ﷺ (Hadits Shahibul Bithaqah – Pemilik kartu Laa Ilaaha illallah):

إِنَّ اللَّهَ عَزَّ وَجَلَّ يَسْتَخْلِصُ رَجُلًا مِنْ أُمَّتِي عَلَى رُءُوسِ الْخَلَائِقِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ، فَيَنْشُرُ عَلَيْهِ تِسْعَةً وَتِسْعِينَ سِجِلًّا، كُلُّ سِجِلٍّ مَدَّ الْبَصَرِ، ثُمَّ يَقُولُ لَهُ: أَتُنْكِرُ مِنْ هَذَا شَيْئًا؟ أَظَلَمَتْكَ كَتَبَتِي الْحَافِظُونَ؟ قَالَ: لَا، يَا رَبِّ، فَيَقُولُ: أَلَكَ عُذْرٌ، أَوْ حَسَنَةٌ؟ فَيُبْهَتُ الرَّجُلُ، فَيَقُولُ: لَا، يَا رَبِّ، فَيَقُولُ: بَلَى، إِنَّ لَكَ عِنْدَنَا حَسَنَةً وَاحِدَةً، لَا ظُلْمَ الْيَوْمَ عَلَيْكَ، فَتُخْرَجُ لَهُ بِطَاقَةٌ، فِيهَا أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ، وَأَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ، فَيَقُولُ: أَحْضِرُوهُ، فَيَقُولُ: يَا رَبِّ، مَا هَذِهِ الْبِطَاقَةُ مَعَ هَذِهِ السِّجِلَّاتِ؟ ! فَيُقَالُ: إِنَّكَ لَا تُظْلَمُ، قَالَ: فَتُوضَعُ السِّجِلَّاتُ فِي كَفَّةٍ، قَالَ: فَطَاشَتْ السِّجِلَّاتُ، وَثَقُلَتْ الْبِطَاقَةُ، وَلَا يَثْقُلُ شَيْءٌ بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

Sesungguhnya Allah ‘azza wa jalla akan membebaskan seseorang dari umatku di hadapan seluruh makhluk pada hari kiamat. Lalu dibukakan kepadanya sembilanpuluh sembilan catatan amal. Setiap catatan sejauh mata memandang. Allah berfirman : ‘Apakah ada yang engkau ingkari dari semua hal ini ?. Apakah pencatatan-Ku (malaikat) itu telah mendhalimimu ?’. Orang itu berkata : ‘Tidak, wahai Tuhanku’. Allah berfirman : ‘Apakah engkau mempunyai ‘udzur/alasan atau mempunyai kebaikan ?’. Orang itu pun tercengang dan berkata : ‘Tidak wahai Rabb’. Allah berfirman : ‘Bahkan engkau di sisi kami mempunyai satu kebaikan’. Tidak ada kedhaliman terhadapmu pada hari ini’. Lalu dikeluarkanlah padanya sebuah kartu (bithaqah) yang tertulis: Asyhadu an Laa ilaaha illallaah wa anna Muhammadan ‘abduhu wa Rasuuluh (aku bersaksi bahwasannya tidak ada tuhan yang berhak diibadahi selain Allah, dan aku bersaksi bahwasannya Muhammad adalah hamba-Nya dan utusan-Nya). Allah berfirman : ‘Perlihatkan kepadanya’. Orang itu berkata : ‘Wahai Rabb, apalah artinya kartu ini dengan seluruh catatan amal kejelekan ini ?’. Dikatakan : ‘Sesungguhnya engkau tidak akan didhalimi”. Nabi ﷺ bersabda : “Lalu diletakkanlah catatan-catatan amal kejelekan itu di satu daun timbangan. Ternyata catatan-catatan itu ringan dan kartu itulah yang jauh lebih berat. Tidak ada sesuatu pun yang lebih berat daripada nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.” (HR. Ahmad 6994, Turmudzi 2850 dan dishahihkan Syuaib al-Arnauth)

🔹 Kualitas kartu Laa Ilaaha illallah setiap orang berbeda-beda. Namun jika kualitasnya rendah, maka bisa jadi tetap masuk neraka.

🔹 Ada orang yang mengucap Laa Ilaaha illallah (bertauhid) masuk neraka, dan banyak hadits yang menjelaskan tentang ini (Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah berkata haditsnya mutawaatir).

2️⃣ Tauhid menyebabkan keamanan dan mendapatkan hidayah.
➡️ Hal ini berlaku di dunia dan di akhirat

⏺️ Dalilnya Firman Allah ﷻ Surat Al-An’am ayat 82:

الَّذِينَ آمَنُوا وَلَمْ يَلْبِسُوا إِيمَانَهُمْ بِظُلْمٍ أُولَئِكَ لَهُمُ الأَمْنُ وَهُمْ مُهْتَدُونَ

Orang-orang yang beriman dan tidak mencampuradukkan iman mereka dengan kezaliman (syirik), mereka itulah orang-orang yang mendapat keamanan, dan mereka itu adalah orang-orang yang mendapat petunjuk.

🔹 Yang dimaksud dengan kezhaliman di ayat di atas adalah kesyirikan, sebagaimana Hadits Nabi ﷺ dari Abdullah bin Mas’ud رضي الله عنه yang berkata:

لَمَّا نَزَلَتِ { الَّذِينَ آمَنُوا وَلَمْ يَلْبِسُوا إِيمَانَهُمْ بِظُلْمٍ } ، شَقَّ ذَلِكَ عَلَى أَصْحَابِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، وَقَالُوا : أَيُّنَا لَا يَظْلِمُ نَفْسَهُ ؟ فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : ” لَيْسَ هُوَ كَمَا تَظُنُّونَ، إِنَّمَا هُوَ كَمَا قَالَ لُقْمَانُ لِابْنِهِ : يَا بُنَيَّ لَا تُشْرِكْ بِاللَّهِ إِنَّ الشِّرْكَ لَظُلْمٌ عَظِيمٌ

tatkala turun ayat : “Orang-orang yang beriman dan tidak mencampuradukkan iman mereka dengan kezaliman (syirik).” (Al-An’am: 82). Maka hal ini menyebabkan para sahabat Rasulullah ﷺ merasa berat, lalu mereka mengadu kepada Beliau : “Siapakah diantara kami yang tidak menzhalimi dirinya sendiri?.” Rasulullah ﷺ pun menanggapi : “Tidaklah hal ini sebagaimana yang kalian duga, hal ini hanyalah sebagaimana yang dikatakan Lukman kepada anaknya : “Hai anakku, janganlah kamu mempersekutukan Allah, sesungguhnya mempersekutukan (Allah) adalah benar-benar kezaliman yang besar.” (Luqman: 13).

🔹 Keadilan yang paling adil adalah Tauhid, kezhaliman yang paling zhalim adalah syirik.

🔶 Keutamaan Tauhid secara Khusus

1️⃣ Menyebabkan masuk surga tanda adzab dan tanpa hisab, dijelaskan di Bab:

٣- باب من حقق التوحيد دخل الجنة بغير حساب

⏺️ Dalilnya Firman Allah ﷻ dalam Surat Al-Nahl ayat 120:

إِنَّ إِبْرَاهِيمَ كَانَ أُمَّةً قَانِتاً لِلَّهِ حَنِيفاً وَلَمْ يَكُ مِنَ الْمُشْرِكِينَ

Sesungguhnya Ibrahim adalah seorang imam yang dapat dijadikan teladan lagi patuh kepada Allah dan hanif. Dan sekali-kali bukanlah dia termasuk orang-orang yang mempersekutukan (Tuhan).

➡️ Nabi Ibrahim disebut sebagai “umat” padahal waktu itu hanya dia sendiri yang bertauhid, alasannya disebutkan para ulama karena dia adalah pemimpin, dan adalah satu dari umat Nabi-Nabi sebelumnya yang bertauhid dan Nabi-Nabi setelahnya yang bertauhid, alasan lainnya adalah karena di diri Nabi Ibrahim عليه السلام terkumpul berbagai macam sifat kebaikan.

⏺️ Hadits Nabi ﷺ dari Ibnu Abbas radhiyallahu anhu secara marfu’:

هَذِهِ أُمَّتُكَ وَمَعَهُمْ سَبْعُونَ أَلْفًا يَدْخُلُونَ الْجَنَّةَ بِغَيْرِ حِسَابٍ وَلَا عَذَابٍ

Ini adalah umatmu dan bersamanya 70 ribu orang yang masuk surga tanpa hisab dan tanpa azab. (Muttafaqun alaih)

➡️ Dalam riwayat Bukhari disebutkan tentang 70 ribu orang tersebut ada 4 ciri:

هُمْ الَّذِينَ لَا يَتَطَيَّرُونَ وَلَا يَسْتَرْقُونَ وَلَا يَكْتَوُونَ وَعَلَى رَبِّهِمْ يَتَوَكَّلُونَ

Mereka itu tidak melakukan thiyaroh (beranggapan sial), tidak meminta untuk diruqyah, dan tidak menggunakan kay (pengobatan dengan besi panas), dan hanya kepada Rabb merekalah, mereka bertawakkal.

🔶 Pembagian Ahli Tauhid

1️⃣ Melakukan maksiat (ظلم لنفسه):
⏺️ Bisa dimaafkan (diampuni)
⏺️ Bisa mampir dulu (dihisab) di neraka

2️⃣ Melakukan kewajiban dan meninggalkan kemungkaran (مقتصد)
⏺️ Tidak melakukan syirik, bid’ah, maupun maksiat

3️⃣ Berlomba dalam kebaikan (سابق الخيرات)
⏺️ Meninggalkan yang makruh
⏺️ Meninggalkan perkara mubah yang berlebihan (فضول المباحات)

🔶 Keutamaan Tauhid yang lainnya

1️⃣ Dijauhkan Allah ﷻ dari dosa-dosa yang membinasakan.

⏺️ Dalilnya Surat Yusuf ayat 24:

وَلَقَدْ هَمَّتْ بِهٖۙ وَهَمَّ بِهَا ۚ لَوْلَآ اَنْ رَّاٰى بُرْهَانَ رَبِّهٖۗ كَذٰلِكَ لِنَصْرِفَ عَنْهُ السُّوْۤءَ وَالْفَحْشَاۤءَۗ اِنَّهٗ مِنْ عِبَادِنَا الْمُخْلَصِيْنَ

Sesungguhnya wanita itu telah bermaksud (melakukan perbuatan itu) dengan Yusuf, dan Yusuf pun bermaksud (melakukan pula) dengan wanita itu andaikata dia tidak melihat tanda (dari) Tuhannya. Demikianlah, agar Kami memalingkan dari padanya kemungkaran dan kekejian. Sesungguhnya Yusuf itu termasuk hamba-hamba Kami yang terpilih.

2️⃣ Do’a orang yang bertauhid bisa memberikan syafa’at bagi orang yang sudah meninggal.

⏺️ Dalilnya Hadits Nabi ﷺ:

مَا مِنْ رَجُلٍ مُسْلِمٍ يَمُوتُ فَيَقُومُ عَلَى جَنَازَتِهِ أَرْبَعُونَ رَجُلاً لاَ يُشْرِكُونَ بِاللَّهِ شَيْئًا إِلاَّ شَفَّعَهُمُ اللَّهُ فِيهِ

Tidaklah seorang muslim meninggal dunia lantas dishalatkan (shalat jenazah) oleh 40 orang yang tidak berbuat syirik kepada Allah sedikit pun melainkan Allah akan memperkenankan syafa’at (do’a) mereka untuknya. (HR. Muslim no. 948)

3️⃣ Orang yang wafat dengan berucap Laa ilaaha illallah masuk surga

⏺️ Dalilnya Hadits Nabi ﷺ:

من كان آخر كلامه لا إله إلا الله دخل الجنة

Barangsiapa yang perkataan terakhirnya Laa ilaaha illallah maka dia masuk surga. (HR. Abu Dawud & Al-Hakim)

4️⃣ Mempermudah seseorang untuk memperoleh syafa’at Rasulullah ﷺ

⏺️ Hadits Nabi ﷺ, Abu Hurairah pernah bertanya kepada Nabi ﷺ:

يَا رَسُولَ اللَّهِ مَنْ أَسْعَدُ النَّاسِ بِشَفَاعَتِكَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ

Ya Rasulullah, siapakah orang yang paling bahagia dengan mendapatkan syafa’atmu?

Beliau menjawab:

أَسْعَدُ النَّاسِ بِشَفَاعَتِي يَوْمَ الْقِيَامَةِ مَنْ قَالَ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ خَالِصًا مِنْ قَلْبِهِ أَوْ نَفْسِهِ

Orang yang paling bahagia dengan mendapatkan syafa’atku pada hari kiamat adalah orang yang orang yang mengatakan Laa ilaaha illallah secara ikhlas (murni) dari kalbunya”.

➡️ Dalam riwayat lain Nabi ﷺ bersabda:

لِكُلِّ نَبِيٍّ دَعْوَةٌ مُسْتَجَابَةٌ يَدْعُو بِهَا، وَأُرِيدُ- وفي رواية: إن شاء الله -أَنْ أَخْتَبِئَ دَعْوَتِي شَفَاعَةً لِأُمَّتِي فِي الآخِرَةِ. فَهِيَ نَائِلَةٌ إِنْ شَاءَ اللَّهُ مَنْ مَاتَ مِنْ أُمَّتِي لَا يُشْرِكُ بِاللَّهِ شَيْئًا

Setiap Nabi memiliki doa yang mustajab yang ia berdoa dengannya, dan aku ingin -dalam satu riwayat: Insyaa Allah- untuk mengakhirkan doaku sebagai syafaat untuk umatku nanti di akhirat. Maka ia akan didapat – Insyaa Allah – oleh orang yang meninggal dari umatku dalam keadaan tidak mempersekutukan Allah sedikitpun juga.

5️⃣ Kalimat Tauhid adalah dzikir ter-afdhal

⏺️ Nabi ﷺ bersabda:

خَيْرُ الدُّعَاءِ دُعَاءُ يَوْمِ عَرَفَةَ وَخَيْرُ مَا قُلْتُ أَنَا وَالنَّبِيُّونَ مِنْ قَبْلِى لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيكَ لَهُ لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَىْءٍ قَدِيرٌ

Sebaik-baik doa adalah doa pada hari Arafah. Dan sebaik-baik yang kuucapkan, begitu pula diucapkan oleh para Nabi sebelumku adalah ucapan “LAA ILAHA ILLALLAH WAHDAHU LAA SYARIKA LAH, LAHUL MULKU WALAHUL HAMDU WA HUWA ‘ALA KULLI SYA-IN QODIIR (Tidak ada sesembahan yang berhak disembah kecuali Allah semata, tidak ada sekutu bagi-Nya. Miliki-Nya segala kerajaan, segala pujian dan Allah yang menguasai segala sesuatu).

6️⃣ Tauhid adalah cabang Iman tertinggi

⏺️ Hadits Nabi ﷺ:

الْإِيمَانُ بِضْعٌ وَسَبْعُونَ، أَوْ بِضْعٌ وَسِتُّونَ شُعْبَةً، فَأَفْضَلُهَا قَوْلُ : لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ …

Iman itu ada tujuh puluh cabang lebih, atau enam puluh cabang lebih. Yang paling utama yaitu perkataan Lâ ilâha illallâh…

➡️ Hal ini jika dipahami maknanya dan diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari

7️⃣ Sebab Allah menolong hamba yang dalam kesulitan

⏺️ Firman Allah ﷻ dalam Surat Al-Anbiya ayat 87:

وَذَا النُّوْنِ اِذْ ذَّهَبَ مُغَاضِبًا فَظَنَّ اَنْ لَّنْ نَّقْدِرَ عَلَيْهِ فَنَادٰى فِى الظُّلُمٰتِ اَنْ لَّآ اِلٰهَ اِلَّآ اَنْتَ سُبْحٰنَكَ اِنِّيْ كُنْتُ مِنَ الظّٰلِمِيْنَ ۚ

Dan (ingatlah kisah) Dzun Nun (Yunus), ketika ia pergi dalam keadaan marah, lalu ia menyangka bahwa Kami tidak akan mempersempitnya (menyulitkannya), maka ia menyeru dalam keadaan yang sangat gelap: “Bahwa tidak ada Tuhan selain Engkau. Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku adalah termasuk orang-orang yang zalim.

➡️ Maka Allah ﷻ menyelamatkan Nabi Yunus عليه السلام dari perut ikan paus.

8️⃣ Sebab hamba Masuk surga

⏺️ Dari Ubadah bin Ash-Shamit رضي الله عنه bahwa Nabi ﷺ bersabda:

من شهد أن لا إله إلا الله وحده لا شريك له، وأن محمداً عبده ورسوله، وأن عيسى عبد الله ورسوله وكلمته ألقاها إلى مريم وروح منه، والجنة حق، والنار حق أدخله الله الجنة على ما كان من العمل

Barangsiapa yang bersyahadat (bersaksi) bahwa tidak ada ilah (sesembahan) yang berhak disembah selain Allah semata, tidak ada sekutu bagi-Nya, dan bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan rasul-Nya, dan ‘Isa adalah hamba dan rasul-Nya, dan kalimat yang disampaikan-Nya kepada Maryam serta ruh dari-Nya, dan bersaksi bahwa surga dan neraka benar adanya, maka Allah akan memasukkannya ke dalam surga, sesuai amal yang telah dikerjakakannya

➡️ Tidak boleh manusia berlebihan thd Nabi ﷺ seperti orang² sufiyyah atau meremehkan seperti orang² libaral

➡️ Nabi ‘Isa beribadah kepada Allah ﷻ, beliau adalah hamba dan rasul-Nya. Bukan seperti kaum nashara yang mengangkat Nabi ‘Isa sebagai tuhan, namun hakikatnya justru merendahkan martabat Nabi ‘Isa عليه السلام karena seakan sebagai tuhan yang lemah.

➡️ Surga dan neraka adalah hakiki, bukan hanya kiasan.

⏺️ Hadits Nabi ﷺ:

فإن الله حرم على النار من قال: لا إله إلا الله يبتغي بذلك وجه الله

Sesungguhnya Allah mengharamkan neraka bagi orang yang mengatakan Laa ilaah illallah, yang di ucapkan ikhlas mengharapkan wajah Allah

➡️ Tidak hanya berucap, namun diiringi rasa ikhlas.

🕋 Sesi Tanya-Jawab

1️⃣ Apakah tauhid menggugurkan dosa langsung sehari-hari di dunia atau nanti di akhirat?

✍️ Jawab:

Dari dalil-dalil yang ada Allah ﷻ akan menampakkan di akhirat bahwa dosa-dosa dihapuskan karena sebab tauhid.

2️⃣ Apakah jika seseorang kecewa karena tidak mendapat suatu rezeki dari Allah ﷻ maka orang ini kurang tauhidnya?

✍️ Jawab:

Nilai Tauhid-nya kurang. Seharusnya apabila sudah berusaha kemudian tidak mendapatkan hasil yang diinginkan maka hendaknya bersabar dan meyakini bahwa hasil tersebut adalah yang terbaik dari Allah ﷻ.

⏺️ Apabila manusia kecewa karena suatu hasil, maka wajib untuk bersabar.

⏺️ Tingkatan berikutnya adalah ridha, dan ini hukumnya sunnah, yakni dia meyakini bahwa yang terjadi adalah keputusan yang terbaik dari Allah ﷻ.

➡️ Apabila seorang kecewa kemudian bersabar, Insyaa Allah tingkatan Tauhid-nya sudah pada porsinya, namun dia meninggalkan yang lebih afdhal yakni ridha.

3️⃣ Apakah seseorang yang pernah meminta ruqyah masih bisa masuk surga tanpa hisab?

✍️ Jawab:

Bisa Insyaa Allah, apabila sebelumnya dia tidak tahu. Yang penting dia tidak mengulangi lagi dan meningkatkan ketaqwaan-nya kepada Allah ﷻ.

⏺️ Para ulama menjelaskan bahwa hadits di atas tidak termasuk kepada orang yang minta ruqyah karena kondisi darurat.
➡️ Karena Nabi ﷺ pernah meminta orang untuk meruqyah ‘Aisyah رضي الله تعالى عنها
➡️ Untuk kondisi tidak darurat bisa dengan meruqyah diri sendiri.

4️⃣ Apakah shahih bahwa nanti orang yang masuk neraka terlebih dahulu, kemudian masuk surga, akan ada tandanya? Dan apakah seseorang bisa memberikan syafa’at kepada temannya agar keluar dari neraka?

✍️ Jawab:

⏺️ Benar, orang beriman yang masuk surga bisa memberi syafa’at atas izin Allah ﷻ agar temannya keluar dari neraka.

⏺️ Benar, orang yang keluar dari neraka kemudian masuk surga dinamakan Jahannamiyyun (alumni neraka) dan memiliki tanda.
➡️ Namun tandanya apa kita tidak tahu و الله تعالى أعلم
➡️ Mereka sangat bersyukur kepada Allah ﷻ karena pernah merasakan adzab yang sempurna kemudian berpindah merasakan nikmat yang sempurna.

5️⃣ Bagaimana jika seorang marah kemudian mengucapkan “Laa ilaaha illaLLah”? Apakah boleh atau ada ucapan yang lebih baik?

✍️ Jawab:

Baiknya ketika marah mengucapkan taawudz:
أعوذ بالله من الشيطان الرجيم

⏺️ Asalnya mengucapkan kalimat Tauhid adalah kapan saja dan tidak ada dalilnya kalimat ini diucapkan ketika marah.
➡️ Namun kita berhusnuzhan orang tersebut ingin mengingat Allah, bukan hanya sekedar latah.

6️⃣ Bagaimana jika seseorang ketika mencoba mengingat Allah, tanpa sengaja terbayang suatu wajah, apakah hal ini syirik?

✍️ Jawab:

Jika tidak sengaja Insyaa Allah diampuni.

⏺️ Dalilnya Hadits Nabi ﷺ:

إنَّ اللَّهَ تَجَاوَزَ لأُمَّتِي ما حَدَّثَتْ بِهِ أنْفُسَها ما لَمْ تَتَكَلَّم بِهِ أوْ تَعْمَلْ

Sesungguhnya Allah mengampuni untuk umatku terhadap apa yang terlintas dalam hatinya, selama tidak diucapkan atau dikerjakan.

➡️ Hati ini tidak bisa kita atur, terkadang dia berkhianat. Hendaknya kita melawan lintasan yang tidak baik. Seperti ketika terbesit hasad atau riya maka segera berusaha melawannya.

7️⃣ Bagaimana cara atau metode menanamkan Tauhid kepada orang-orang terdekat jika masih tathayyur?

✍️ Jawab:

1. Sampaikan dalil larangan syirik secara syari’at.
➡️ Banyak orang ketika disampaikan dalil dia menolak namun tertanam dalam hatinya sehingga lama-kelamaan terbuka hatinya menerima Tauhid.

2. Berikan contoh bahwa banyak orang yang selamat dan baik² saja tanpa perkara² syirik, tathayyur, dan hal² yang tidak logis lainnya.

و الله تعالى أعلم بالصواب

‎سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ

✅Follow | 👍Like | 📌Subscribe | ⤴️Share
🌎 Web: http://ittibamengaji.net
🎥 Youtube: http://youtube.com/c/ittibamengaji
📸 Instagram: http://instagram.com/ittibamengaji
📩 Telegram: http://t.me/ittibamengaji
🎙️ Twitter: http://twitter.com/ittibamengaji
💻 Facebook: http://facebook.com/ittibamengaji
🔊 Soundcloud: http://soundcloud.com/ittibamengaji

Series Navigation<< The Key To JannahTakut Syirik Tanda Bertauhid >>
Bagikan Catatan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kembali ke Atas